Cara Memelihara dan Merawat Tanaman Cabe. Setelah membaca cara menanan Cabe, kini saatnya kita bicara tentang cara pemeliharaan dan perawatan tanaman. Seperti kebanyakan tanaman budidaya yang lain cabe juga memerlukan perawatan rutin agar bisa tumbuh dengan baik. Pmelihaaraan dan perawatan tanaman cabe merah sedikit lebih kompleks, karena cabe merah sangat mudah terserang penyakit akar. Karena itu untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, pemeliharaan dan perawatannya juga harus maksimal.

Perawatan pada cabe meliputi penyiraman, pemberian pupuk, membersihkan dari gangguan gulma dan lain-lain.  Berikut cara merawat tanaman cabe:

Cara Memelihara dan Merawat Tanaman Cabe

Pemberian pupuk. pupuk yang baik untuk tanaman cabe adalah jenis pupuk kompos, tetapi perlu juga diberikan pupuk buatan seperti NPK dengan dosis satu sendok/polybag setiap bulan. Apabila jenis ingin membudidayakan tanaman organik makan pemupukan bisa diganti dengan menyemprotkan pupuk organik pada masa pertumbuhan daun dan buah.

Memang tidak bisa di pungkiri kalau harga pupuk organik lebih mahal dari pupuk buatan yang biasa di pakai para petani selama ini.  Tapi jika pangsa pasarnya tepat, maka harga cabe merah organik akan lebih maahal dari cabe merah biasa. Sehingga keuntungan yang di dapat bisa lebih besar.

Penyiraman. Untuk menjaga kesegaran pada tanaman cabe sebaiknya dilakukan penyiraman setiap 3 hari sekali. Tetapi bila suhu panas sebaiknya dilakukan penyiraman setiap hari sekali. Untuk menjaga kondisi tanaman agar tetapsegar, penyiraman sebaiknya di lakukaan pada paagi dan sore hari.

Pengajiran. Bila tanaman cabe sudah tumbuh besar, berikan ajir atau penahan dari bambu atau kayu. Fungsi dari pengajiran adalah sebagai penopang tanaman cabe agar tidak mudah roboh.

Perompesan. Tunas muda yang baru tumbuh pada tanaman cabe sebaiknya dihilangkan. Aktivitas perompesan dilakukan pada saat tanaman cabe berusia 20 hari setelah masa tanam. Perompesan dilakukan 3 hari sekali sampai terbentuknya cabang. Manfaat dari perompesan adalah untuk menjaga agar tanaman cabe tetap tegak dan tidak tumbuh ke samping ketika bambu belum kuat menopang.