Definisi Karbohidrat. Karbohidrat adalah senyawa gula yang mernjadi sumber energi utama bagi makhluk hidup. Karbohidrat banyak di jumpai pada bahan pangan nabati ataupun hewani. pada bahan pangan nebati karbohidrat di hasilkan dari proses fotosintesis tumbuhan hijau. Sedangkan pada bahan pangan hewani, kerbohidrat di bentk dari reakasi antara beberapa asam amino dan gliserol. Bentuk dan struktur karbohidrat nabati dan hewani sangat berbeda. Untuk lebih jelasnya akan di ulas dalam artikel Teknologi Makanan selanjutnya.karbohidrat

Definisi karbohidrat

Karbohidrat mengandung unsur-unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Karbohidrat yang paling banyak ditemui adalah yang berasal dari tumbuhan. Karbohidrat diproduksi di dalam tanaman melalui proses fotosintesis. Proses tersebut dapat digambarkan dalam persamaan reaksi sebagai berikut :
6 CO2        +
(udara)
6 H2O
(tanah)
Klorofil
=============>
Sinar matahari
C6H12O6    +
(Glukosa)
6 O2
(Oksigen)
Karb√≥n dioksida dari udara bereaksi dengan air yang ada di dalam tanah dan di alirkan ke daun. Klorofil yang terkandung dalam daun menyerap sinar matahari. Energi sinar matahari kemudian menaikan level energi elektron klorofil dan membebaskan beberapa elektron yang kemudian ditangkap oleh akseptor elektron melalui proses oksidasi. Karbondioksida sendiri kemudian terreduksi membentu rantai CO2 teroksigenasi sehingga terbentuk glukosa. Hasil utama dari proses fotosintesis adalah glukosa dan oksigen. 
 
Macam-macam Karbohidrat
Secara umum, karbohidrat dibagi menjadi 3 kelompok utama didasarkan atas ukuran dari molekulnya, yaitu:
  • Monosakarida terdiri atas 1 unit glukosa.
  • Oligosakarida merupakan kelompok karbohidrat yang terdiri atas 2-10 unit monosakarida, sedangkan
  • Polisakarida terdiri atas banyak (lebih dari 10) unit monosakarida.
Monosakarida dan oligosakarida sering dikenal juga dengan sebutan gula (sugar). Monosakarida sering kali di sebut sebagai gula sederhana. Sedangkan polisakarida meski tersusun dari banyak molekul gula tidan disebut sebagai gula. Gula sederhana banyak sekali jenisnya. Begitu pula Poisakarida. Untuk mengetahui jenis-jenisgula sederhana Monosakarida dapat di baca di SINI.