Keseimbangan Nitrogen – Kimia Pangan & Gizi. Dalam buku Kimia Pangan & Gizi FG Winarno di sebutkan bahwa Kesimbangan Nitrogen meurpakan percoaan atau analisis yang sering di lakuukan orang untuk menemtukan mutu protein secara tidak langsung. Dalan percobaan ini yang di ukur sesungguhnya adalah jumlah Nitrogen yang dapat di tahan oleh tubuh. Jadi pada hakikatnya sama dengan penentuan NPU.

Yang di maksud dengan keseimbangan Nitrogen yaituu keseimbangan antara nitrogen yang masuk kedalam badan dan Nitrogen yang keluar dari badan. Dengan cara ini akan di ketahui apakah keseimbangan nitrogennya positif atau negatif. Nitrogen dalam tubuh hilang melalui proses yang terjadi dalam sistem ekresi, baik melalui feces, urin, kulit, pertumbuhan rambut, kuku dan keluar melalui keringat.

Skor Asam Amino (SAA)

Mutu protein dapat di ukur dengan menentukan jumlah Asam Amino pembatas dan membandingkannya dengan asam amino sejenis dalam:

  1. Campuran asam-asam amino;
  2. Protein pembanding

Perhitungannya adalah sebagai berikut:

Dari SAA yang di dapat , lalu di cocok kan melalui tabel Pola kebutuhan Asam Amino dan SAA bagi evaluaasi protein dan Tabel Cara skoring bagi BMC di bawah ini.