Nama Ilmiah sapi Bali adalah Bos sondaicus. Sapi bali sangat di gemari para peternak, karena sapi ini mempunyai karakteristik hewan potong yang di idamkan, yaitu tulang kecil dan daging gemol (banyak). Sehingga cocok sekali untuk di jadikan hewan potong. Dinamakan Sapi Bali karena sapi ini populasinya sangat banyak di pulau Bali. Hewan ini adalah sapi Asli Indonesia, keturunan banteng yang telah mengalami proses dimestikasi sehingga menjadi hewan piaraan. Karena itu, jika sepintas di amati, sapi bali memiliki tampilan dan karakteristik seperti banteng. Sangat mudah membedakan sapi bali dengan sapi lain, salah satunya dengan melihaat warnanya. Sapi bali yang betina memiliki warna merah bata, sedangkan yang jantan berwarna lebih tua.
Selain itu ada beberapa ciri yang membedakan sapi bali dengan ternak sapi lain, diantaranya:
  1. Warna tidak merata, di beberapa bagian ada semburat putih. Kaki di bawah persendian telapak kaki depan (articulatio carpo metacarpeae) dan persendian telapak kaki belakang (articulatio tarco metatarseae) berwarna putih. Kulit berwarna putih juga ditemukan pada bagian pantatnya dan pada paha bagian dalam kulit berwarna putih tersebut berbentuk oval (white mirror).
  2. Ukuran badan berukuran sedang dan bentuk badan memanjang.
  3. Badan padat dengan dada yang dalam.
  4. Tidak berpunuk dan seolah-olah tidak bergelambir
  5. Kakinya ramping, agak pendek menyerupai kaki kerbau.
  6. Pada tengah-tengah (median) punggungnya selalu ditemukan bulu hitam membentuk garis (garis belut) memanjang dari gumba hingga pangkal ekor.
  7. Cermin hidung, kuku dan bulu ujung ekornya berwarna hitam
  8. Tanduk pada sapi jantan tumbuh agak ke bagian luar kepala, sebaliknya untuk jenis sapi betina tumbuh ke bagian dalam.

Klasifikasi Ilmiah sapi Bali

Phylum: Chordata
    Subphylum: Vertebrata
        Class: Mamalia
           Sub class: Theria
              Infra class: Eutheria
                Ordo: Artiodactyla
                   Sub ordo: Ruminantia
                     Infra ordo: Pecora
                       Famili: Bovidae
                         Genus : Bos (cattle)
                            Group: Taurinae
                            Spesies: Bos sondaicus (banteng/sapi Bali)

Abidin (2008) menyatakan bahwa kemampuan reproduksi sapi bali adalah terbaik di antara sapi-sapi lokal di Indonesia, karena sapi bali bisa beranak setiap tahun.  Dengan manajemen yang baik penambahan berat badan harian bisa mencapai 0,7 kg per hari. Keunggulan yang lain bahwa sapi bali mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sehingga sering disebut ternak perintis.