Nama Latin Sugar Glinder adalah Petaurus breviceps. Sugar Glinder adalah hewan nokturnal yang termasuk adalam kelas Marsupia. Sebutan Sugar (gula) di namanya di berikan karena hewan suka makan nektar manis dan kata Glinder untuk mewakili kemapuannya untuk mencota jauh seperti tupai terbang. Meski antara Sugar Glinder dan Tupai terbang tak ada kaitan erat. Dan kalau di badingkan tupai terbang (Walang Kopo) yang banyak di temukan di hutan Sumatra, ukuran Sugar glinder lebih kecil. Meski ekornya sangat panjang. Ekor itu berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan untuk mengikatkan diri.

Mungkin kalau melihat tampilannya, kita akan melihat kalau sugar glinder mirip tupai, tapi ada satu ciri khas Sugra Glinder yang membedakannya dengan tupai, yaitu membran glinding yang disebut patagium yang menyatukan kaki kedapn hingga kaki belakang. Memran ini akan mengembang dan terkepak seperti sayap kelelawar meski tidak begitu lebar. Dulu hewan ini pernah menjadi endemik di Australia, dan Indonesia belahan timur, terutama papua. Tapi saat ini, hewan ini sangat ci cari untuk dijadikan binatang peliharaan karena menurut halinya, binatang ini memiliki potensi lebih besar untuk akrab dengan pemiliknya.

Klasifikasi Ilmiah Sugar Glinderr

Kingdom:    Animalia
Phylum:    Chordata
Class:    Mammalia
Infraclass:    Marsupialia
Order:    Diprotodontia
Family:    Petauridae
Genus:    Petaurus
Species:    P. breviceps

Karena tergolong dalam kelas Marsupial, hewan ini bukanlah hewan pengerat dan tidak mempunyai kebiasaaan mengasah gigi seperi tikus, hamster ataupun kelinci. Karena dihabitatnya hidup dalam suatu kelompok, hewan ini cenderung memiliki jiwa sosial dan loyalitas yang tingi, sehingga terkadang jika di sentuh oleh orang yang bukan pemiliknyaa, maka dia akan menggigit.

Tidak seperti kucing atau anjing yang bisa di disiplin saat buang hajat, hewan ini tidak bisa di didik untuk buang hajat di tempat yang di sediakan, meski sebenarnya hewan kecil ini mempunyai daya ingat tinggi. Jadi gunakan anda harus waspada dan mengetahui trik-trik  jika ingin merawatnya. Seperi hewan nokturnal lain, Sugar glinder menghabiskan siang hari untuk tidur dan malam hari untuk berburu. Makanannya adalah serangga dan sari buah.